Sabtu, 29 November 2014

Paper Pengantar Telematika (SoftSkill) :: Pengembangan Sistem pada Rumah Makan Ayam Kenyang



UNIVERSITAS GUNADARMA
KELOMPOK 7







TUGAS KELOMPOK PENGANTAR TELEMATIKA
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PADA RM. AYAM KENYANG



          NAMA                                                                NPM
1.    Muhammad Yusuf Safriyanto                            11111022
2.    Didi Kurnia Rumapea                                        19111166
3.    Choirul Amal                                                      11111634
4.    Arimansyah                                                        11111156
5.    Fathan Farashy                                                   18111834


Kelas          : 4KA06

 

FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2014/2015




KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kita panjatkan kepada Allah Subhanahuwataala. Salawat dan salam kita kirimkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Sallallahu-alaihiwasallam, karena atas hidayah-Nyalah paper ini dapat diselesaikan. Paper ini penulis sampaikan kepada pembina mata kuliah Pengantar Telematika Bapak Budi Setiawan sebagai salah satu syarat kelulusan mata kuliah tersebut. Tidak lupa Penulis ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu yang telah berjasa mencurahkan ilmu kepada penulis

Penulis memohon kepada Bapak/Ibu dosen khususnya, umumnya para pembaca apabila menemukan kesalahan atau kekurangan dalam karya tulis ini, baik dari segi bahasanya maupun isinya, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun kepada semua pembaca demi lebih baiknya karya-karya tulis yang akan datang.








Depok, 20 Okrober 2014



Penulis




BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang

       Pada RM. Ayam Kenyang ini adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang kuliner. Perusahaan tersebut mendapat permasalahan yang sering timbul diakibatkan proses pemesanan makanan yang masih menggunakan catatan pada sebuah kertas atau masih manual. Yang menjadi kelemahan adalah perusahaan kesulitan dalam menyampaikan informasi kepada divisi dapur tentang produk-produk yang dipesan dan total harganya. Selain itu pesanan yang dilakukan di dalam restoran juga kurang optimal, dikarenakan pegawai sering  kebingungan dalam  mengurutkan  pesanan yang  dipesan  sesuai  waktu  pemesanan.
           Sesuai dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, disini penulis dan yang lainnya menginginkan agar dapat membuat sebuah aplikasi smartphone dan komputer saling terkonesi secara online (hanya lingkungan sekitar) untuk mengurangi permasalah yang timbul dan mengoptimalkan kinerja pada RM. Ayam Kenyang agar dapat meminimalisir kekeliruan yang  terjadi.

1.2              Tujuan Penulisan

         Tujuan penulisan dari paper ini adalah untuk menunjang tugas dari mata kuliah Pengantar Telematika dan meminimalisir permasalahan yang timbul pada RM. Ayam Kenyang.

1.3              Metode Penulisan

           Metode yang digunakan dalam pembuatan jurnal ini adalah dengan literature. Yaitu mencari informasi RM. Ayam Kenyang.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1       Rumah Makan

       Rumah makan adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan tersebut serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. Meski pada umumnya rumah makan menyajikan makanan di tempat, tetapi ada juga beberapa yang menyediakan layanan take-out dining dan delivery service sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada konsumennya. Rumah makan biasanya memiliki spesialisasi dalam jenis makanan yang dihidangkannya. Sebagai contoh yaitu rumah makan chinese food, rumah makan Padang, rumah makan cepat saji (fast food restaurant) dan sebagainya.


2.2       Komputer

            Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

            Sekarang komputer bukan hal yang special lagi, karena dapat di jumpai di setiap instansi – instansi yang terkait dengan pengolahan data seperti restaurant, kantor pos, mini market dan lain-lain


2.3       Smartphone

         Telepon cerdas (smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti telepon cerdas. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, telepon cerdas hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun dihubung keluar) dan penyambung VGA. Dengan kata lain, telepon cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.



BAB III
ANALISA DAN DESAIN SISTEM

3.1       Desain Sistem
           
         Sebagai upaya untuk memperjelas cara kerja sistem yang akan dibuat, maka perlu disajikan diagram perencanaan sistem umum dan khusus.
Use Case Diagram Pemesanan Menu yang sudah terorgansir



DAFTAR PUSTAKA

[1] URL http://id.wikipedia.org/wiki/Rumah_makan Diakses 19 - 10 – 2014
[2] URL http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer Diakses 18 - 10 – 2014
[3] URL http://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_Cerdas diakses 18 - 10 – 2014

NB:     Daftar alamat blog anggota kelompok 7
Fathan Farashy                                    : imfathnn.blogspot.com
Choirul Amal                                      : iroelshareblog.blogspot.com
Arimansyah                                         : arimansyah68.wordpress.com
Muhammad Yusuf Safriyanto            : bogalakonz.blogspot.com
Didi Kurnia Rumapea                         : didirumapea.blogspot.com

1 komentar: