Rabu, 08 Mei 2013

Kelebihan dan Kekurangan Supermarket Dibandingkan Pasar Tradisional


Salam Blogger..!!
Tahukah kalian apa saja kelebihan dan kekurangan dari supermarket dibandingkan dengan pasar tradisional?
Berikut kita simak selengkapnya :

A.   Kelebihan Supermarket
Supermarket memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pasar tradisional, antara lain:

  1. Kenyamanan Berbelanja
Untuk urusan kenyamanan, berbelanja di supermarket memang jauh lebih nyaman dibandingkan berbelanja di pasar tradisional. Berbagai supermarket memiliki area yang lebih luas, bersih, rapi, dan dilengkapi dengan pendingin ruangan. Sedangkan pasar tradisional cenderung memiliki area yang lebih sempit, kotor, sumpek, sesak, dan tak jarang tercium bau kurang sedap.

  1. Keamanan
Dari segi keamanan, supermarket memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan pasar tradisional. Hampir semua supermarket yang ada sekarang telah menempatkan security dan kamera CCTV di beberapa titik untuk mengurangi terjadinya tindak kejahatan. Berbeda dengan pasar tradisional yang terkesan apa adanya, yang menuntut pembeli untuk memiliki kewaspadaan ekstra pada saat berbelanja.

  1. Diskon
Untuk urusan diskon, sejumlah supermarket memang sering memberikan berbagai penawaran seperti diskon (sale) yang menggiurkan untuk bisa menarik minat pembeli, tidak seperti pada pasar tradisional yang hanya memberikan sesekali diskon saja.

B.   Kekurangan Supermarket
Secara umum, kekurangan pada supermarket berbanding terbalik dengan kelebihan pada pasar tradisional. Di antaranya adalah:

  1. Terpatok Harga Pas
Berbelanja di supermarket tidak seperti berbelanja di pasar tradisional yang memungkinkan pembeli untuk menawar harga barang-barang hingga mencapai kesepakatan dengan pedagang. Harga pas yang telah dipatokkan pada semua barang di supermarket membuat pembeli tidak mungkin melakukan tawar menawar.

  1. Harga Barang
Barang-barang yang dijual di supermarket dan pasar tradisional memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Harga suatu barang di supermarket bahkan bisa sampai tiga kali lipat dari harga barang yang sama yang dijual di pasar tradisional, terutama untuk produk-produk segar seperti sayur-mayur serta bumbu-bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, merica, cabai merah, cabai rawit, dan lain sebagainya.

  1. Kesegaran Produk
Untuk produk-produk segar seperti daging, ikan, sayur-mayur, telur, dan lain sebagainya, pasar tradisional biasanya menyajikan produk yang jauh lebih segar ketimbang supermarket, karena belum ditambahkan zat pengawet. Logikanya, pedagang di pasar tradisional memiliki dana yang cukup terbatas sehingga hanya mampu membeli pasokan barang dengan jumlah tidak terlalu banyak. Dengan demikian, produk-produk yang dijual pun lebih terjaga kesegarannya.

Nah, itulah yang dapat saya share pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian..
Terima kasih..

2 komentar:

  1. Makasih infonya.
    Ditunggu kunjungan balik ke blog saya ya..hehe :D

    BalasHapus
  2. BERITA BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjadi persekutuan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan undang-undang atau peraturan dewan ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

    Saya sangat mengabdikan diri untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus