Minggu, 05 Mei 2013

Windows NT dan Sejarah Perkembangannya


Salam Blogger..!!
Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi tentang Windows NT dan sejarah perkembangannya..
Okelah, tanpa membuang-buang waktu lagi, langsung saja kita ke TKP..
Cekidot..
Windows NT merupakan sebuah sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang pada awalnya mendukung beberapa platform microprocessor, mulai dari Intel 80x86 (hingga sekarang), MIPS R4x00 (dihentikan pada versi Windows NT 4.0), Digital Equipment Corporation Alpha AXP (dihentikan pada versi Windows 2000 Beta 3), dan IBM PowerPC (dimulai dari versi Windows NT 3.51 dan dihentikan pada versi Windows NT 4.0), serta beberapa platform lainnya, seperti Clipper dan SPARC (tidak dirilis untuk umum). Saat ini, sistem operasi berbasis Windows NT hanya mendukung platform Intel 80x86, Intel IA64, dan AMD64, sementara platform lainnya tidak didukung lagi, mengingat kurangnya dukungan dari pihak ketiga untuk processor tersebut.
Windows NT sebenarnya dibangun dari puing-puing sisa pengembangan dari sistem operasi IBM OS/2 versi 3.0, di mana dalam pengembangan sistem operasi tersebut Microsoft dan IBM melakukan pengembangan secara bersama-sama. Beberapa saat sebelum sistem operasi tersebut rampung, Microsoft dan IBM mengakhiri hubungan mereka, dan akhirnya proyek IBM OS/2 pun terbengkalai. Hal ini diakibatkan oleh kesuksesan sistem operasi grafis yang berjalan di atas MS-DOS, yaitu Microsoft Windows versi 3.0, yang terjual lebih dari sejuta salinan dalam kurun waktu kurang dari sebulan. Sistem operasi IBM OS/2 versi 3.0 yang memiliki nama kode NTOS/2 tersebut akhirnya dikembangkan oleh Microsoft sendirian menjadi Windows NT tanpa dibantu oleh IBM.
Selanjutnya, Microsoft merekrut beberapa orang pengembang sistem operasi dari Digital Equipment Corporation (DEC) (yang dikenal dengan sistem operasi VMS dan RSX/11M-nya), yang keluar dari perusahaan lama akibat kurang puas karena proyek yang sedang dikerjakannya dihentikan secara paksa. Tim pengembang tersebut dikepalai langsung oleh David Neil Cutler dari DEC. Dan akhirnya, proyek NTOS/2 pun diubah namanya menjadi Windows NT yang diambilkan dari singkatan “New Technology”.
Selama tiga tahun pengembangan, Windows NT pun akhirnya menjadi sistem operasi yang benar-benar baru, yang bebas dari kode 16-bit milik MS-DOS, mulai mendukung operasi 32-bit dan semua fitur yang ditawarkan oleh mikroprosesor 32-bit, seperti dapat mengalamati memori hingga 4 gigabyte dan mode terproteksi. Selain itu, Windows NT didesain agar kompatibel dengan sistem operasi terdahulu, seperti MS-DOS (yang dijalankan dengan menggunakan teknik emulasi), IBM OS/2, dan sistem operasi berbasis POSIX (yang telah diubah kodenya untuk Windows 32-bit).
Selama pengembangannya, Windows NT telah mengalami beberapa perubahan versi, antara lain: Windows NT 3.1, Windows NT 3.5, Windows NT 3.51, dan Windows NT 4.0.
Windows NT 3.1
Windows NT 3.1 adalah merupakan versi pertama dari jajaran sistem operasi buatan Microsoft berbasis Windows NT. Produk ini mulai diproduksi tanggal 27 Juli 1993. Tersedia dalam 2 versi, yaitu: Windows NT 3.1 dan Windows NT Advanced Server. Windows NT 3.1 ini dapat berjalan pada CPU Intel x86, DEC Alpha, dan MIPS R4000.
Windows NT 3.5
Microsoft Windows NT 3.5 adalah versi sistem operasi buatan Microsoft berbasis Windows NT kedua yang dirilis pada tanggal 21 September 1994. Windows NT 3.5 ini memiliki nama kode "Daytona" yang diambilkan dari sebuah jalan tol di pantai Daytona, Florida.
Windows NT 3.5 adalah versi Windows NT pertama yang menggunakan nama "Windows NT Workstation" dan Windows NT Server untuk edisi-edisi yang diturunkan darinya. Berbeda dari versi sebelumnya, yaitu Windows NT 3.1 yang dinamakan dengan Windows NT (saja) dan WIndows NT Advanced Server. Windows NT versi ini akhirnya dihentikan dukungannya pada tanggal 31 Desember 2000.
Windows NT 3.51
Windows NT 3.51 adalah versi ketiga sistem operasi buatan Microsoft berbasis Windows NT yang dirilis pada tanggal 30 Mei 1995, sembilan bulan setelah dirilisnya Windows NT 3.5. Rilisan Windows NT ini menawarkan dua fitur utama, yaitu merupakan versi pertama kali dari Windows NT yang mendukung arsitektur CPU IBM PowerPC, dan dukungannya terhadap interoperabilitas dengan sistem operasi Windows 95, yang dirilis tiga bulan setelahnya. Windows NT versi ini juga mendukung Intel x86, MIPS, dan DEC Alpha dari Digital Equipment Corporation (DEC), selain tentunya IBM PowerPC yang menjadi highlight utamanya.
Hingga dihentikan dukungannya, Windows NT 3.51 telah memiliki lima buah service pack yang dirilis untuk memperbaiki bug dan menambahkan fitur-fitur baru.
Windows NT 4.0
Microsoft Windows NT 4.0 adalah versi kelanjutan (versi keempat) dari sistem operasi buatan Microsoft berbasis Windows NT yang dirilis pada 29 Juli 1996. Sistem operasi ini dapat mendukung beberapa platform perangkat keras, mulai dari Intel IA-32 (x86), PowerPC dari IBM, MIPS, dan DEC Alpha. Sama seperti halnya pendahulunya, Windows NT 4.0 ini merupakan sistem operasi yang murni 32-bit, yang mendukung beberapa aplikasi DOS, OS/2 modus karakter, Windows 16-bit, Windows 32-bit, serta aplikasi POSIX. Karena merupakan sistem operasi 32-bit, Windows NT 4.0 mendukung hingga 4 gigabyte memori fisik.
Windows NT 4.0 adalah versi Windows NT terakhir yang mendukung arsitektur DEC Alpha, MIPS, dan IBM PowerPC. Penerus Windows NT 4.0, Windows 2000 telah menghilangkan dukungannya terhadap arsitektur-arsitektur prosesor tersebut, dan hanya mendukung prosesor Intel x86 saja. Windows NT 4.0 pun dihentikan dukungannya pada tanggal 31 Desember 2004 (dikarenakan di dalamnya terdapat sebuah kelemahan fatal dan mayor, termasuk di antaranya adalah MS03-010, yang menurut Microsoft tidak dapat ditambal tanpa adanya perubahan signifikan terhadap inti sistem operasi) meskipun masih sangat banyak penggunanya (hingga tahun 2006). Meskipun demikian, Microsoft membujuk banyak pengguna Windows NT 4.0 untuk melakukan upgrade ke versi terbaru (Windows XP, Windows 2000, atau Windows Server 2003).
Nah, mungkin itu yang dapat saya share pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat..
Terima kasih..

2 komentar:

  1. BERITA BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjadi persekutuan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan undang-undang atau peraturan dewan ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

    Saya sangat mengabdikan diri untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus