Kamis, 31 Oktober 2013

Manfaat dan Bahaya Meminum Kopi

Salam Blogger..!!
Selamat malam, sahabat blogger semua. Pada kesempatan malam hari ini saya ingin berbagi tentang manfaat dan bahaya mengkonsumsi kopi.
Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kalian saat mendengar kata “kopi”?
Sebagian besar orang mungkin hanya mengetahui kandungan kafein yang ada di dalamnya saat mendengar kata tersebut. Tetapi sebenarnya biji kopi mengandung ratusan senyawa kimia yang memiliki khasiat berbeda. Tanaman ini tumbuh di lebih dari 70 negara di seluruh dunia serta mempunyai sejarah perdebatan panjang tentang manfaat dan bahaya meminumnya secara berlebihan.
Penelitian terbaru menemukan fakta bahwa meminum kopi dalam jumlah wajar akan menghasilkan manfaat yang ajaib bagi kesehatan manusia. Dengan catatan, tidak ada penumpukan krim dan gula dalam tubuh pengkonsumsinya.
Berbicara mengenai manfaat meminum kopi pastinya sudah bukan menjadi rahasia lagi. Banyak pakar kesehatan dari berbagai belahan dunia yang membuktikannya sendiri melalui penelitian-penelitian mereka. Tidak sedikit pula orang yang sudah merasakan manfaatnya secara langsung dari sejak pertama kali menikmatinya. Kandungan kafein dan kandungan-kandungan lainnya seperti asam hidroksisitrat dan kromium yang ada di dalamnya dapat meningkatkan metabolism tubuh sebesar 30%, yang akan membuat otak tetap terjaga untuk memproses perintah ke bagian tubuh lain. Hal ini yang membuat kopi begitu popular dengan manfaatnya untuk menghilangkan rasa kantuk.
Manfaat meminum kopi tidak hanya untuk menghilangkan rasa kantuk, tetapi masih banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat lain dari meminum kopi:
  1. Membantu melawan depresi serta memperbaiki suasana hati (mood) yang sedang buruk.
  2. Membantu hati dalam menjalankan tugasnya dan dapat mengurangi resiko penyakit sirosis hati.
  3. Membantu mengurangi berat badan serta dapat menekan nafsu makan.
  4. Mampu meningkatkan kinerja tubuh karena jumlah asam lemak dalam aliran darah akan meningkat setelah meminum kopi.
  5. Menurunkan risiko diabetes berkat asam klorogenat dan alkaloid trigonelina yang berperan mengurangi glukosa dan respon insulin.
  6. Membantu daya pikir tetap tajam dengan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative bagi orang yang sudah berumur.
  7. Mempertajam reaksi, perhatian, kewaspadaan dan penalaran logis berkat efek baik dari kafein pada kopi.
  8. Membantu menangkal kanker kulit serta tumor kulit ganas.
  9. Mengurangi risiko serangan stroke.
  10. Membantu memperkuat otot-otot tubuh.
Namun, di samping memiliki berbagai manfaat seperti yang disebutkan di atas, meminum kopi juga memiliki bahaya bagi tubuh jika porsi pengkonsumsiannya terlalu berlebihan. Beberapa bahaya tersebut antara lain:
  1. Adanya kemungkinan meninggal sebesar 20% dalam waktu 17 tahun ke depan untuk orang di bawah usia 55 tahun yang mengkonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir per harinya menurut sebuah jurnal penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Mayo Clinic Proceedings.
  2. Akan menyebabkan migrain atau sakit kepala sebelah, yang merupakan efek buruk meminum kopi yang berasal dari konsumsi kafein secara berlebihan untuk para pecandu yang tidak meminum kopi dalam jangka waktu tertentu.
  3. Memicu timbulnya berbagai macam pernyakit, seperti: insomnia, jantung berdebar, hipertensi yang mampu meningkatkan serangan jantung dan stroke, serta masalah kesehatan yang lainnya.
  4. Kandungan kefein yang cukup tinggi pada kopi sangat tidak dianjurkan bagi ibu-ibu hamil mengkonsumsi kopi karena dapat menyebabkan keguguran pada janin.
  5. Bahaya kopi bagi penampilan adalah gigi berwarna kuning dan nafas menjadi lebih mudah berbau tidak sedap.
Nah, demikian beberapa hal yang berkaitan dengan manfaat dan bahaya meminum kopi. Semoga dapat bermanfaat.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar