Rabu, 29 Januari 2014

Khasiat Kulit Jeruk dalam Bidang Kecantikan dan Kuliner

Salam Blogger..!!
Selamat malam, sahabat blogger semua. Pada kesempatan malam hari ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang khasiat kulit jeruk dalam bidang kecantikan dan kuliner.
Apa yang biasanya Anda lakukan terhadap kulit dari jeruk yang Anda makan, apakah Anda membuangnya?
Ya jelas saja dibuang, untuk apa kalau tidak bisa dimakan? Kebanyakan orang pasti akan menjawab demikian. Namun jangan salah, ternyata kulit jeruk ini memiliki manfaat yang tidak sedikit lho. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Mari kita simak bersama-sama.
Rebecca Wood, seorang penulis The New Whole Food Encyclopedia, seperti yang dikutip dari IndiaTimes menjelaskan bahwa kulit jeruk sama bermanfaatnya seperti kulit apel. Keduanya sama-sama memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang hampir sama.
Menurut penelitian yang sudah pernah dilakukan, ternyata kulit jeruk mengandung lebih dari 60% flavanoid dan 170 jenis phytonutrients yang berbeda, yang mana keduanya sangat bagus untuk kulit. Selain itu, di balik rasanya yang pahit, kulit jeruk juga mengandung berbagai bahan yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah membantu mengatasi problem pencernaan, meredakan mual, meredakan asam lambung, serta mengeluarkan gas dari dalam perut. Kulit jeruk ini dapat berperan sebagai anti microba dan anti peradangan, sehingga dapat memperbaiki kondisi pencernaan yang sedang sakit atau terinfeksi. Bahkan, kulit jeruk juga dapat mengontrol kolesterol tinggi. Di samping itu, kulit jeruk yang telah diolah menjadi minyak dapat membuat tubuh lebih rileks dan dapat membuat tidur lebih nyenyak.
Khasiat dalam Bidang Kecantikan
Dalam bidang kecantikan, kulit jeruk mampu menyeimbangkan kondisi kulit. Mengurangi kelebihan minyak pada kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih lembut dan jauh dari problem jerawat.
Kulit jeruk yang telah dikeringkan dan dijadikan sebagai bubuk mampu berperan sebagai exfoliator yang dapat menghilangkan sisa sel-sel kulit mati, mengatasi problem komedo, serta membuat kulit lebih berkilau.
Manfaat lain dari kulit jeruk ini adalah apabila dijadikan masker dapat membantu menghilangkan noda hitam di kulit serta menyegarkan kembali kulit yang kusam. Apabila diaplikasikan pada kulit secara teratur, maka dapat mencegah pertumbuhan jerawat serta mencegah bakteri lain yang dapat menimbulkan masalah pada kulit.
Khasiat dalam Bidang Kuliner
Selain memiliki khasiat dalam bidang kecantikan, ternyata kulit jeruk juga dapat dijadikan sebagai penyedap rasa pada makanan. Kulit jeruk ini dapat memberikan rasa lebih segar dalam menyeimbangkan menu berlemak.
Nah, itu dia khasiat kulit jeruk dalam bidang kecantikan dan kuliner. Jadi, jangan lagi buang kulit jeruk yang bermanfaat ini lagi ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar