Rabu, 29 Januari 2014

Resensi Film :: Tampan Tailor (2013)

Salam Blogger..!!
Selamat pagi, sahabat blogger semua..
Siapa tidak kenal dengan Vino G. Bastian? Aktor yang dikenal ganteng, keren, dan macho serta total dalam memerankan karakternya di setiap film yang dibintanginya. Yap, itulah dia. 
Pada kesempatan kali ini, saya ingin merensi salah satu film terbarunya yang bagus nan inspiratif, yaitu Tampan Tailor. Film yang diilhami dari kisah nyata ini secara resmi dirilis oleh Maxima Pictures pada tanggal 28 Maret 2013 yang lalu.
Sebelum saya membahas lebih lanjut, mari kita simak identitas film yang akan saya resensi berikut:


Judul : Tampan Tailor
Genre : Drama
Sutradara : Guntur Soeharjanto
Penulis Naskah : Alim Sudio dan Cassandra 
                                  Massardi
Produser : Sudiad
Pemeran         : Vino G. Bastian, Marsha 
                                  Timothy, Ringgo Agus 
                                  Rakhman, Jefan Nathanio, 
                                  Lisye Herliman
Produksi         : Maxima Pictures
Tanggal Rilis : 28 Maret 2013
Durasi : ± 101 menit



Nah, itu dia identitas film Tampan Tailor yang ingin saya resensi. Kembali, sebelum saya mulai membahas mengenai resensi dari film ini, saya akan memberikan sedikit sinopsisnya.
TAMPAN TAILOR adalah sebuah film yang bercerita mengenai serangkaian kisah perjuangan seorang pria bernama Topan (Vino G. Bastian) dalam usahanya untuk menghidupi dan membesarkan putra tunggalnya, yaitu Bintang (Jefan Nathanio). Perjuangan tersebut dimulai ketika Topan harus kehilangan sang istri tercinta, Tami karena penyakit kanker yang dideritanya. Tidak berhenti sampai di situ, Topan pun harus kehilangan tempat tinggal sekaligus memaksa Bintang untuk putus sekolah setelah usaha toko jahit yang dibangun bersama istrinya mengalami kebangkrutan. Meskipun hampir kehilangan segalanya, keberadaan sang anak membuat Topan sadar bahwa dia tidak dapat menyerah begitu saja.
Dengan bantuan sepupunya, Darman (Ringgo Agus Rakhman), Topan pun kembali merintis berbagai usaha untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, mulai dari menjadi calo tiket kereta api, kuli bangunan, hingga menjadi stuntman di sebuah produksi film.
Semangat dan kegigihan Topan yang luar biasa ini diam-diam membuat kagum Prita (Marsha Timothy), seorang gadis penjaga tempat penitipan anak. Dengan bantuannyalah, akhirnya Topan perlahan dapat kembali bangkit dan mengembalikan semua mimpinya.
Nah, itu dia sedikit sinopsis dari film Tampan Tailor. Selanjutnya, mari kita simak resensinya berikut ini. Cekidot!
Keunggulan utama dari film Tampan Tailor ini adalah konflik-konflik dan kedalaman kisahnya yang berhasil menampilkan sisi-sisi mengharukan sekaligus mengundang tawa sampai menyentuh aspek romantik. Acungan jempol patut diberikan kepada duo penulis naskah film ini, yaitu Alim Sudio dan Cassandra Massardi yang berhasil bersatu padu dan mengisi satu sama lain dengan cermat, sehingga menghasilkan naskah (skrip) yang cukup membumi, humoris, haru, dan penuh keragaman.
Keunggulan lain dari film ini adalah dari chemistry para pemainnya. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Vino G. Bastian memang selalu tampil total dalam memerankan perannya, tidak terkecuali dalam film ini. Dapat dilihat bahwa chemistry-nya dengan lawan-lawan mainnya cukup jempolan. Mulai dari chemistry-nya dengan Jefan Nathanio sebagai ayah yang cukup ‘klop’ dengan anaknya, dengan Marsha Timothy (yang notabenenya adalah istrinya dalam dunia nyata) yang berhasil menjalin interaksi yang cukup kuat dan mulus, hingga chemistry-nya dengan Ringgo Agus Rakhman yang terlihat cukup dekat. Dalam deretan pemain lainnya, nama yang patut dikedepankan adalah Ringgo Agus Rakhman. Sebagai tokoh pendukung pemeran utama, karakternya cukup mencuri perhatian penonton. Gaya khasnya yang agak sedikit slebor, dipenuhi dengan guyonan segar, dan keakraban dengan lawan-lawan mainnya patut mendapat nilai plus. Kemudian pemain lain yang patut mendapat sorotan adalah aktor cilik Jefan Nathanio yang bisa dibilang tampil cukup baik dalam film ini walaupun beberapa kali masih terlihat aktingnya yang kurang luwes.
Dari sisi penyutradaraan, sutradara Guntur Soeharjanto mampu mengarahkan film ini dengan cukup baik sehingga penonton dapat meraskan relasi yang erat dengan para tokoh, porsi drama juga dibuat pas dengan tidak terjebak pada kesedihan yang berlarut atau drama percintaan yang berlebihan. Dari sisi sinematografi juga patut mendapat pujian, dengan jitu Enggar Harliono mengarahkan kameranya dengan tepat di sepanjang film ini ditambah editing yang cermat dari Ryan Purwoko.
Terlepas dari kelebihan-kelebihan di atas, film Tampan Tailor ini juga tidak hadir tanpa kekurangan, terutama dari sisi tata musik hasil olahan Tya Subiakto yang kurang dapat bersanding dengan scene-scene-nya (bisa dibilang suka berlebihan).
Itulah resensi saya mengenai film Tampan Tailor, sebuah film inspirasional yang mengajarkan kepada kita bahwa boleh saja kita kehilangan segalanya, tapi jangan sampai kehilangan harapan.
Mungkin itu saya yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih atas perhatian yang diberikan dan mohon maaf apabila terdapat kekurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar