Rabu, 29 Januari 2014

Toyota Prius, Mobil Ramah Lingkungan dari Toyota

Salam Blogger..!!
Selamat siang, sahabat blogger semua..
Pada kesempatan kali ini saya ingin me-review sebuah mobil ramah lingkungan keluaran Toyota, yaitu Toyota Prius. Penasaran seperti apa mobil ramah lingkungan ini? Berikut ulasan lengkapnya..
Mobil besutan Toyota yang mengusung tema “Hybrid Synergy Drive” ini menjadi salah satu mobil yang paling ramah lingkungan. Mobil ini menggunakan sumber tenaga bensin dan listrik, sehingga menjadi rendah emisi gas buangnya dan menjadi mobil ramah lingkungan. Namun sayang, mobil asal negeri Sakura ini harganya tergolong sangat mahal, berdasarkan website Toyota Indonesia, mobil Hibrida ini menembus harga 600 jutaan, lebih tepatnya adalah Rp. 635.900.000,00. Tentu harga ini melebihi harga mobil sport Toyota 86 seharga Rp. 629.100.000,00.
Karena Toyota Prius menggunakan sumber tenaga bensin dan listrik, mobil ini pun memiliki 3 mode tipe pengendalian, yaitu mode ECO, mode EV (Electric Vehicle), dan mode Power. Mode ECO adalah mode di mana mobil berada dalam kondisi irit BBM, gas yang bisa ditekan menjadi minimal dan respon pedal gasnya pun menjadi berkurang, jadi jangan harap Anda bisa memacu Toyota Prius Anda dengan mode ini. Mode EV adalah mode pengendaraan dengan baterai mobil, tentunya ketika baterai habis, mobil akan langsung menonaktifkan mode ini. Begitu pula ketika mobil berada di atas 50 km/jam, mobil akan langsung berganti ke mode normal. Nah, jika Anda ingin berkebut ria, Anda bisa menggunakan mode Power.
Mesin mobil ini mengusung 1.797cc, 4 Silinder, Dual VVT-i, dan menggunakan sistem transmisi CVT. Namun sayang, mobil ini tidak memiliki varian yang bertransmisi manual (M/T). Meskipun demikian, mobil ini juga terpilih sebagai mobil terbaik di Amerika pada tahun 2004 dan menjadi mobil terbaik Eropa pada tahun 2005. Untuk masalah emisi gas buang, mobil ini memiliki emisi yang super ultra rendah dari California Air Resources Board dan Advanced Technology Partial Zero Emission Vehicle atau kendaraan dengan tingkat emisi mendekati nol.
Nah, itu dia review saya mengenai mobil Toyota Prius. Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

1 komentar:

  1. Bukan untuk menjatuhkan ya. Malangnya, saat ini santer beredar berita duka seperti halnya dimuat dalam berita http://bit.ly/1bZuXLF , bahwa Toyota mengatakan bahwa pihaknya sedang menarik 1,9 juta mobil hybrid Prius-nya di seluruh dunia. Penyebab penarikan Toyota Prius ini adalah karena kesalahan yang dapat menyebabkan kendaraan melambat tiba-tiba.

    BalasHapus